Unusual Market Activity (UMA) dan Suspensi Saham


Penghentian sementara aktivitas perdagangan suatu saham yang tercatat di Bursa Efek dikenal sebagai Suspensi Saham. Serupa dengan Delisting, Suspensi Saham dapat bersifat voluntary (dilakukan atas permohonan Emiten) atau sebagai sanksi dari Otoritas Bursa.

 

Beberapa pelanggaran yang dapat dikenakan sanksi Suspensi Saham adalah :

 

  • Kesalahan dalam pencatatan Laporan Keuangan : Laporan Keuangan merupakan salah satu informasi penting yang dijadikan dasar pertimbangan Investor sebelum membeli saham suatu Emiten. Kesalahan dalam Laporan Keuangan dapat menjadi informasi yang menyesatkan bagi Investor dan dapat berakibat fatal terhadap keputusan investasi yang diambil Investor tersebut.
  • Perbedaan antara pengumuman Aksi Korporasi dengan realisasi : Emiten memiliki kewajiban untuk mengumumkan rencana Aksi Korporasinya lengkap dengan detail Aksi Korporasi tersebut. Perbedaan antara pengumuman dengan realisasi berpotensi merugikan Investor.
  • Gagal bayar utang atau obligasi : kegagalan Emiten melakukan pembayaran bunga utang, kupon obligasi, pokok utang dan pokok obligasi dapat dikenakan sanksi Suspensi Saham.
  • Insider Trading : Emiten dapat dikenakan sanksi Suspensi Saham jika Otoritas Bursa mendapatkan indikasi-indikasi adanya Insider Trading dalam aktivitas perdagangan saham Emiten tersebut.
  • Penyalahgunaan dana hasil Penawaran Umum Saham, Rights Issue dan sumber-sumber pendanaan lainnya.

 

Selain pelanggaran-pelanggaran diatas, Suspensi Saham juga dapat dilakukan terhadap saham yang termasuk dalam kategori Unusual Market Activity (UMA). Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), UMA adalah aktivitas perdagangan dan/atau pergerakan harga pasar suatu Saham yang tidak biasa dalam kurun waktu tertentu di Bursa yang menurut penilaian Bursa berpotensi mengganggu perdagangan Saham yang teratur, wajar dan efisien.

 

Emiten dengan saham yang termasuk dalam UMA belum tentu melakukan pelanggaran-pelanggaran yang dapat berujung pada sanksi Suspensi Saham. Pada umumnya Suspensi Saham akan dilakukan jika suatu saham berada dalam kategori UMA untuk jangka waktu yang cukup lama atau berkali-kali mendapat kategori UMA dalam kurun waktu tertentu.