Candlestick Pattern : Bullish Reversal Patterns


Analisa Teknikal dalam Analisa Investasi memerlukan data historis pergerakan harga suatu saham, data ini pada umumnya akan ditampilkan dalam bentuk grafik, baik itu grafik Line, Bar Chart, maupun Candlestick. Profits Buletin kali ini akan mengulas lebih detail mengenai Candlestick.

 

Candlestick merupakan jenis grafik yang paling banyak digunakan ketika melakukan Analisa Investasi secara Teknikal, karena Candlestick mampu menjelaskan pergerakan harian saham. Candlestick dapat menggambarkan harga pembukaan, penutupan, titik tertinggi, dan titik terendah dari pergerakan suatu saham selama satu hari perdagangan bursa.

 

Di sisi lain, kemampuan tersebut diatas juga menjadikan Candlestick cukup rumit untuk dipahami oleh Investor pemula atau Investor yang belum awam dengan Analisa Teknikal. Oleh sebab itu, pada bagian selanjutnya akan diulas mengenai bentuk, cara membaca, dan pola-pola Candlestick.

 

 

Bullish Reversal Pattern

 

Sebagai alat bantu Analisa Teknikal, pola-pola Candlestick pada umumnya digunakan untuk memberikan indikasi terjadinya perubahan (reversal) atas trend yang sedang berlasung, baik dari Bullish trend ke Bearish Trend maupun sebaliknya. Candlestick yang dapat memberikan indikasi reversal disebut dengan Candlestick Reversal Pattern. Candlestick Reversal Pattern ini dikelompokan lagi menjadi Bullish Reversal Pattern dan Bearish Reversal Pattern.

 

Pada volume ini, Profits Buletin akan mengulas macam-macam Bullish Reversal Pattern dan kriteria-kriteria agar pola tersebut dianggal valid.

 

Southern Doji
Reversal diindikasikan dengan terbentuknya Common Doji pada suatu Bearish Brend. Common Doji juga dikenal sebagai Star Doji.

 

 

 

Southern Long-Leg Doji
Hampir sama dengan Souther Doji, hanya saja Doji yang terbentuk pada pola ini adalah Long-Leg Doji.

 

 

 

 

Dragonfly Doji
Pada Pola ini, Doji yang terbentuk adalah Dragonfly Doji, dimana Doji ini tidak memiliki Upper Shadow tapi memiliki Lower Shadow yang panjang.

 

 

 

 

Hammer
Pola ini hampir sama dengan Dragonfly Doji, hanya saja pada Hammer terdapat body sehingga bentuknya menyerupai palu.

 

 

 

 

Bullish Belt Hold
Bentuknya menyerupai Maburozu, hanya pada pola ini terdapat Upper Shadow yang tidak terlalu panjang.

 

 

 

 

Bullish Harami
Terbentuk dari dua Candlestick, dengan Candlestick pertama adalah Bearish Candle dan diikuti dengan Bullish Candle. Body Bullish Candle harus berada dalam body Bullish Candle.

 

 

 

 

Engulfing Bull
Pola ini adalah Kebalikan dari Pola Bullish Harami. Dalam pola ini, Bearish Candle berada dalam Body Bullish Candle yang mengikutinya

 

 

 

 

Equal Low
Pola ini terdiri dari dua Candlestick yang memiliki titik terendah (Low) sejajar

 

 

 

 

Morning Star
Pola ini terbentuk dari 3 (tiga) candlestick yang diawali dengan Bearish Candle, kemudian diikuti oleh Candle lainnya dengan membentuk gap down, dan terakhir pola ini ditutup oleh sebuah Bullish Candle.

 

 

 

 

Three Black Candles
Pola ini terdiri dari 3 (tiga) Bullish Candle. Ketiga Bullish Candle ini harus berbentuk Long Bullish Candle, namun semua shadow yang terbentuk tidak boleh terlalu panjang, sehingga sekilas ketiganya terlihat seperti Maburozu.

 

 

 

 

 

Morning Three Star
Pola ini serupa dengan Morning Star hanya saja katiga Candle yang membentuk pola ini adalah Doji Candle. Ketiga Doji yang terbentuk dapat berupa Doji Star (Common Doji), Long-Leg Doji, atau gabungan keduanya.

 

 

 

Baca juga : Candlestick Pattern : Bearish Reversal Patterns