Jangan Melihat “Ticker”


Untuk menjadi seorang investor, Anda harus berpikir dan bertindak seperti layaknya seorang investor. Demikian halanya bial Anda menjadi seorang investor saam yang sukses, Anda tidak perlu melihat tickers karena tickers hanya menunjukan harga. Pada dasarnya investasi bukan sekedar mengenai harga saham. 

 

 

Warren Buffett, investor sukses dan milyader, tidak melakukan analisa harga saham harian, tidak tertarik sama sekali. Buffett melatih dirinya untuk mengamati seberapa bagus nilai fundamental bisnis sebuah perusahaan. Buffett berfokus pada nilai nilai bisnis dan prospek masa depan, bukan pada harga saham

 

Bila Anda sebagai investor berfokus pada tickers maka Anda akan terobsesi untuk terus menerus mencermati pergerakan harga saham dan volume harian. Kondisi itu dapat mempengaruhi mood Anda. Peningkatan harga saham dapat menimbulkan euforia dan optimisme, sedangkan penurunan harga dapat menyebabkan kelesuan dan pesimisme. 

 

 

Mood Anda yang berubah-ubah ketika melihat tickers akan mempengaruhi keputusan investasi Anda dan hal buruk bisa saja terjadi, yaitu salah mengambil keputusan investasi. Oleh karena itu, disarankan untuk menjauhkan diri Anda dari tickers dan berhentilah melihat pergerakan harga saham setiap hari.