Produk-produk Pasar Modal II-b : ETF


Ada satu jenis Reksa Dana yang unik, yaitu Exchange-Traded Fund (ETF). ETF dapat didefinisikan sebagai Kontrak Investasi Kolektif yang Unit Penyertaannya (UP) dicatatkan dan diperdagangkan di Bursa Efek. Karena Reksa Dana merupakan Kontrak Investasi Kolektif, maka sederhananya ETF adalah Reksa Dana yang diperdagangkan di Bursa Efek seperti Saham. 

 

Oleh sebab itu, mekanisme perdagangan ETF juga sama dengan mekanisme perdagangan saham di Bursa Efek, yaitu menggunakan satuan perdagangan lot (1 lot = 100 UP). Namun demikian fraksi harga yang berlaku tidak mengikuti fraksi harga saham, karena fraksi harga yang berlaku tetap Rp1 berapapun nilai UP ETF dengan maksimum perubahan UP dalam satu hari perdagangan sebesar Rp10.

 

Keberadaan ETF di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebenarnya sudah cukup lama tepatnya sejak akhir tahun 2007, namun ternyata keberadaanya masih belum banyak diketahui oleh Investor di Pasar Modal.

 

Pihak-Pihak yang Terlibat dalam ETF

 

Sebagai bagian dari Reksa Dana, ETF tentunya melibatkan Manajer Investasi (MI) sebagai pengelola komposisi portofolio ETF. Selain MI, pihak-pihak yang terlibat dalam ETF adalah Dealer Partisipan, Sponsor, Bank kustodian dan tentunya para Investor.

 

Dealer Partisipan
Dealer Partisipan adalah Perusahaan Efek yang telah terdaftar sebagai Anggota Bursa (AB) dan telah menandatangani perjanjian dengan MI pengelola ETF untuk melakukan penjualan dan/atau pembelian UP ETF guna kepentingan sendiri maupun pemegang UP.

 

Syarat menjadi Dealer Partisipan adalah memiliki kemampuan untuk mewujudkan perdagangan UP ETF yang likuid. Dalam rangka menciptakan likuiditas pasar ETF tersebut, Dealer Partisipan diperkenankan untuk membeli dan menjual UP ETF dengan ketentuan :

 

  • Wajib menyampaikan penawaran jual  dan/atau beli UP terhadap suatu ETF pada sistem perdagangan yang diselenggarakan oleh BEI.

 

  • Mampu dan bersedia merealisasikan transaksi dalam jumlah tertentu sesuai dengan komitmen Dealer Partisipan dalam Kontrak Investasi Kolektif.

 

Berdasarkan ulasan diatas, maka peran utama Dealer Partisipan adalah menjaga dan mempertahankan likuiditas perdagangan dari suatu jenis ETF di BEI. 

 

Sponsor
Sponsor adalah pihak yang menandatangani perjanjian dengan MI pengelola ETF untuk melakukan penyertaan dalam bentuk uang dan/atau efek dalam rangka penciptaan UP ETF. Perjanjian antara Sponsor dan MI memuat jumlah minimum penyertaan uang dan/atau efek yang akan dipakai untuk membentuk portofolio ETF dan jangka waktu kesanggupan Sponsor untuk tidak melakukan penjualan kembali ETF tersebut.

 

Manajer Investasi
Selain mengelola Portofolio Efek dalam ETF, berdasarkan peraturan IV.C.3 Manajer Investasi (MI), khususnya MI pengelola ETF memiliki kewajiban untuk :

 

  • Mengumumkan (di BEI) dan melaporkan (kepada OJK) Nilai Aktiva Bersih ETF setiap hari setelah penutupan perdagangan BEI sebagai indikasi nilai UP ETF.

 

  • Mengumumkan (di BEI) komposisi portofolio ETF setiap hari setelah penutupan perdagangan di BEI.

 

  • Mengumumkan (di BEI) jumlah UP ETF yang beredar di BEI setiap ada perubahan.

 

  • Membuat kontrak dengan Sponsor jika dalam penciptaan ETF melibatkan Sponsor.

 

Perbedaan ETF dengan Reksa Dana Konvensional

 

 

 

Jenis ETF yang Tercatat dan Diperdagangkan di BEI

 

Hingga Kuartal 1 Tahun 2015, jenis ETF yang tercatat dan diperdagangkan di BEI mencapai   8 (delapan) jenis ETF, yaitu :

 

R-ABFII
Merupakan kode untuk Reksa Dana Asian Bond Fund-Indonesia Bond Index Fund. R-ABFII adalah ETF yang memiliki portofolio berupa efek utang yang terdaftar dalam iBoxx ABF Indonesia Index.

 

R-LQ45X
Merupakan kode untuk Reksa Dana Premier ETF LQ-45. R-LQ45X tersusun atas saham        emiten-emiten yang menjadi konstituen dari Indeks LQ45.

 

XIIC
XIIC adalah kode untuk Reksa Dana Premier ETF Indonesia Consumer. Sesuai dengan namanya, ETF ini memiliki portofolio yang didominasi oleh saham emiten-emiten yang bergerak di sektor Konsumsi. Contoh emiten yang termasuk dalam portofolio XIIC adalah PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

 

XIIF
Adalah kode untuk Reksa Dana Premier ETF Indonesia Financial. ETF ini tersusun atas saham emiten-emiten yang bergerak di sektor Keuangan. Contoh emiten yang termasuk dalam portofolio XIIF adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)  dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

 

XIIT 

Adalah kode untuk Reksa Dana Premier Etf IDX30. ETF ini menjadikan saham emiten-emiten yang menjadi konstituen dari IDX30 sebagai underlying portofolionya.

 

XIJI
Adalah kode untuk Reksa Dana Syariah Premier ETF JII yang tersusun atas saham emiten-emiten yang menjadi konstituen dari Jakarta Islamic Index (JII). 

 

XISI
Adalah kode untuk Reksa Dana Premier ETF SMinfra18. Portofolio ETF XISI tersusun atas saham emiten-emiten yang menjadi konstituen dari Indeks SMinfra18.

 

XISR
Adalah kode untuk Reksa Dana Premier ETF    SRI-KEHATI yang terdiri atas saham emiten-emiten yang merupakan konstituen dari Indeks SRI-KEHATI.